Sampai dengan saat ini banyak orang yang mengira SEO adalah salah satu cara supaya website bisa menyabet ranking paling teratas di Google. Padahal, kenyataannya konsep tersebut belum bisa dibuktikan secara nyata.
Bagi Anda masuk lebih dalam lagi, ternyata search engine optimization tidak hanya berbicara mengenai tentang ranking saja. Namun, SEO dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sebuah traffic yang masuk ke dalam website blog milik Anda.
Artinya, semua visitor yang ada di dalam website tidak hanya sekedar mampir saja. Akan tetapi, visitor juga ikut serta dalam melancarkan Anda dalam meraih sebuah tujuan yang sudah ditentukan oleh website.
Salah satu tujuan dari sebuah website adalah untuk meningkatkan branding hingga dapat mendongkrak angka transaksi. Pastinya, Anda semakin penasaran bukan dengan cara kerja SEO dan manfaat SEO. Bagi Anda yang penasaran dengan teknik SEO bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.
Apa itu SEO?
SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. Pada teknik yang satu ini sering digunakan untuk melakukan optimasi website supaya bisa mendapatkan ranking yang paling teratas di mesin pencarian Google.
Dengan menggunakan SEO, semua situs website akan lebih mudah untuk ditemukan oleh orang. Bahkan, dengan teknik tersebut mempunyai potensi besar untuk menyedot lebih banyak traffic.
Ada satu pertanyaan yang sering muncul yaitu kenapa sekian banyak mesin pencarian, akan tetapi harus tetap mengutamakan mengenai SEO Google? Sedangkan, untuk jawabannya adalah Google merupakan salah satu search engine yang disukai oleh kalangan masyarakat.
Berdasarkan salah satu penelitian mengatakan, bahwa untuk pengguna dari search engine Google dalam sehari sudah bisa mencapai dengan 3,5 miliar. Maka dari itu, tidak perlu heran lagi kalau mesin pencarian Google bisa menguasai sampai dengan 98,23% di mangsa mesin pencarian.
Kini SEO Google sudah bisa digunakan untuk menentukan dari keberhasilan sebuah website. Dengan adanya search engine optimization yang oke, maka sebuah website bisa lebih banyak mendapatkan potensi traffic.
Pada kenyataannya, 53% insight website datang dari mesin pencarian organik dari SEO. Pencarian organik adalah salah satu aktivitas yang berfungsi untuk mencari informasi dengan cara memasukkan keyword tertentu ke dalam mesin pencarian Google.
Untuk hasil yang diberikan bukan hanya sekedar traffic, insight, jangkauan audiens saja, akan tetapi masih banyak lainnya. Sebelum membahas pada manfaat SEO lebih baik Anda pahami terlebih dahulu mengenai perbedaan SEO dan SEM.
Perbedaan Antara SEO dan SEM
Ketika didengar dengan kasat telinga SEO dan SEM hampir sama. Padahal pada kenyataannya keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mencolok dan signifikan. SEO merupakan hal yang berbeda dengan SEM atau search engine marketing.
Untuk perbedaan dari SEO dan SEM adalah dibagian titik fokusnya. Pada SEO Google hanya mempunyai satu titik fokus guna meningkatkan performa dari sebuah website dan wordpress.
Sedangkan, SEM mempunyai fokus guna menjaring hasil traffic sampai dengan konversi secara instan. Bagi Anda yang masih bingung bisa simak perbedaannya pada tabel di bawah ini.
SEO | SEM | |
Pengertian | Sebagai alat untuk melakukan optimasi sebuah website supaya bisa menempati posisi yang paling atas pada mesin pencarian. | Sebagai alat untuk melakukan transaksi agar situs website berada di posisi paling teratas pada halaman pencarian. |
Biaya | Gratis. Akan tetapi, untuk Anda yang ingin mendapatkan tools lebih komplit bisa dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu. | Berbayar mulai dari Rp100.000,00.
|
Tampilan mesin pada mesin pencarian | Tidak terdapat satu pun embel-embel iklan yang muncul pada mesin pencarian. | Muncul beberapa label iklan atau adsense. |
Tools yang digunakan | Mempunyai sifat yang tidak wajib. Akan tetapi, juga bisa digunakan sebagai alat untuk tools riset keyword, analisis backlink dan masih banyak lainnya. | Membutuhkan bantuan Google Ads, Google Keyword Planner dan masih banyak lainnya lagi. |
Hasil | Website atau wordpress membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam mendapatkan rangking paling teratas. | Website lebih instan dalam mendapatkan peringkat paling teratas pada mesin pencarian Google. |
Jenis Traffic | Organic traffic yaitu traffic yang didapatkan dari sebuah website dengan muncul di halaman pencarian secara alami. | Organic traffic dan paid search. Paid search adalah salah satu tempat kunjungan audiens yang disebabkan oleh iklan berbayar. |
Performa | Mempunyai jangka waktu yang panjang. Ranking pada website tidak mudah turun dengan mudah. Akan tetapi, semua tergantung dengan cara optimasi SEO nya. | Mempunyai waktu jangka pendek. Setelah durasi iklan sudah habis, maka ranking pada website akan kembali lagi seperti semula. |
Meski dengan menggunakan SEM bisa mendatangkan hasil secara lebih instan, bukan berarti cara kerja SEO tidak efektif. Sampai dengan saat ini ada kurang lebih 70-80% orang yang masih mengabaikan hasil pencarian berbahaya dan lebih memilih konten naik dengan cara organik. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena banyak orang malas untuk memberikan klik pada konten yang tidak ada embel-embel iklannya.
5 Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis
Mungkin sampai dengan saat ini masih ada yang bertanya-tanya kenapa harus tetap menerapkan teknik SEO website? Padahalkan bisa digantikan dengan cara promosi lewat channel marketing lainnya. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memasang link website pada bio media sosial instagram, memakai fitur swipe up dan masih banyak lainnya.
Ada satu hal yang harus Anda ketahui, yaitu sebagian besar traffic atau insight datangnya dari mesin pencarian. Untuk hal tersebut tidak hanya bergantung pada suatu bidang industri saja. Akan tetapi, semua bidang industri bisa memberikan kemungkinan untuk meningkatkan traffic, seperti data yang didapatkan oleh growthbadger yang mengatakan bahwa health and medical masih menjadi niche terbanyak yang dicari di Google.
Seperti yang diketahui, untuk jumlah traffic atau insight mempunyai pengaruh besar terhadap keberhasilan sebuah website dalam mencapai tujuan. Untuk beberapa manfaat dari SEO adalah:
1. Memudahkan Para Audiens Dalam Menemukan Website
SEO merupakan salah satu strategi atau teknik yang paling jitu untuk memudahkan para target audiens dalam menemukan website. Salah satu alasannya adalah search engine optimization memberikan kemungkinan besar kepada situs Anda untuk tetap nangkring di halaman utama mesin pencarian Google.
Pada posisi tersebut jelas memberikan pengaruh terhadap jumlah insight. Mengingat lagi, 75% orang malas untuk melakukan scrolling pada halaman bagian dua dan seterusnya. Untuk hal yang satu ini bisa diibaratkan seperti membuka kulkas dengan penuh isi kaleng minuman. Pastinya, Anda merasa lebih memilih kaleng yang berada di barisan paling depan supaya tidak ribet.
2. Dapat Menjaring Target Audiens yang Tepat
SEO tidak hanya membantu audiens menemukan website atau wordpress saja. Saat ini, SEO Google juga bisa memberikan kemungkinan kepada Anda untuk bisa menjaring lebih banyak target audiens secara tepat.
Alasan yang paling tepat adalah bisa membidik kata kunci atau keyword secara intens dan tepat. Sehingga, dengan hal tersebut bisa mengerti tujuan dari para audiens dalam menelusuri keyword tertentu.
Dengan menerapkan teknik seo pada website atau wordpress semua konten di dalamnya mempunyai potensi besar untuk ditemukan oleh target audiens. Ditambah lagi sekarang ada algoritma Google yang lebih mengutamakan pengalaman pencarian terbaik dan unik.
Artinya, untuk algoritma Google akan langsung menentukan beberapa rekomendasi konten yang muncul pada halaman pencarian dan ikut serta dalam mempertimbangkan karakteristik dari pada audiens.
Beberapa pertimbangan yang dilakukan mulai dari lokasi, histori penelusuran dan masih banyak lainnya. Dengan menerapkan search engine optimization bisa memberikan beberapa potensi konten Anda tampil pada target audiens. Alhasil, untuk peluang traffic atau insight terus mengalami peningkatan.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Cara paling simpel untuk Anda yang ingin menemukan beberapa produk adalah dengan menggunakan mesin pencarian dari Google. Bahkan, ada salah satu penelitian yang mengatakan bahwa 63% orang lebih suka mencari produk di mesin pencarian Google dibandingkan beberapa situs review lainnya.
Artinya, mesin pencarian Google memang mempunyai tempat strategis untuk memperkenalkan sebuah sebuah produk maupun barang. Paling terpentingnya lagi dengan cara kerja SEO bisa membangun brand awareness.
Manfaat SEO kali ini tidak bisa datang langsung secara instan. Kira-kira untuk calon pelanggan baru bisa merasa percaya dan tertarik dengan brand tersebut setelah melakukan 3-5 kali menemukan beberapa konten yang sudah Anda buat.
Jadi, semakin sering website Anda tampil pada halaman utama mesin pencarian Google dengan kata kunci yang relevan. Maka, semakin besar pula brand awareness yang bisa Anda dapatkan.
4. Investasi Jangka Panjang
Search engine optimization bisa dijadikan salah satu investasi jangka panjang. Sebab, untuk SEO Google bisa membesarkan kesempatan untuk berbisnis. Apalagi, untuk hasil pencarian yang relevan juga bisa memberikan pengaruh terhadap calon pembeli sampai dengan 39%.
Dengan membangun traffic secara alami bisa membuat situs Google lebih kuat dan bisa bertahan sampai dengan jangka waktu yang lama. Lain hal nya dengan menggunakan PPC yang jika Anda sudah tidak melakukan pembayaran, maka untuk traffic langsung terjun bebas sampai dengan nol.
Hal tersebut bisa terjadi, karena Anda berhasil disingkirkan dari ranking yang paling teratas. Itulah dia menjadi salah satu penyebab SEO dan SEM sama-sama mempunyai potensi untuk mengeluarkan uang. Akan tetapi, Anda tetap disarankan untuk melakukan optimasi dengan SEO website dibandingkan menggunakan SEM.
5. Meningkatkan Penjualan dan Konversi
Manfaat SEO yang paling akhir adalah dapat meningkatkan penjualan dan konversi. Pada kenyataannya sampai dengan saat ini kurang lebih 75% para pengusaha juga bisa mengeluarkan pendapat bahwa SEO bisa menghasilkan lebih banyak pelanggan dibandingkan beberapa trik marketing lainnya.
Bahkan, untuk tingkat konversinya sudah mencapai dengan 14,6%. Ada satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena SEO bisa menjangkau target audiens lebih luas dan efektif. Beda trik lagi, ketika dengan menggunakan trik marketing lainnya. Misalnya, Anda hanya menggunakan media sosial yang hanya bisa menyasar pada beberapa penggunanya saja.
Apalagi untuk saat ini jumlah pengguna mesin pencarian Google lebih banyak dibandingkan beberapa platform lainnya. Kurang lebih untuk jumlah pengguna internet di Indonesia sampai dengan saat ini mencapai 4,39 miliar pada tahun 2019. Lalu pada tahun 2022 anda bisa lihat slide di bawah ini.
Dengan banyaknya jumlah pengguna internet, maka membuat Anda semakin mudah konten website untuk ditemukan pada mesin pencarian Google. Tidak hanya itu, saja, untuk celah menarik traffic juga akan lebih besar lagi.
Artinya, semakin mudah konten ditemukan pada mesin pencarian google. Maka semakin besar peluang untuk menaikkan traffic. Apalagi, kalau konten yang muncul di halaman utama berkali-kali bisa membuat audiens untuk berbagi keyword kepada pengguna lainnya.
Jenis-Jenis SEO
Pada saat melakukan optimasi SEO ada tiga jenis yang bisa dipilih yaitu on page, off page dan technical. Meski ketiga jenis tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk meroketkan ranking website, akan tetap untuk masalah fokusnya berbeda. Sebagai berikut penjelasan mengenai 3 jenis SEO:
1. On Page
Tujuan dari menggunakan SEO on page adalah untuk melakukan optimasi konten di sebuah website. Sehingga, dengan hal tersebut membuat konten mudah sampai pada target pasar. Pengertian dari SEO on page adalah alat untuk melakukan optimasi SEO pada bagian depan website.
Dengan menggunakan SEO on page, konten anda lebih mudah untuk mejeng pada halaman mesin pencarian Google. Selain itu, dengan hal tersebut membuat isi konten dan keyword semakin relevan.
Sebagai catatan, untuk jenis SEO kali ini paling mudah untuk diterapkan dan dipelajari. Jadi, Anda yang baru belajar dengan search engine optimization bisa lebih dulu mengasah pemahaman tentang jenis on page lalu setelah itu baru anda belajar cara melakukan audit on page.
2. Off Page
Tujuan off page adalah membantu mesin pencarian Google untuk memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten bagi orang lain. SEO off page merupakan salah satu cara untuk melakukan optimasi SEO dari luar website.
Pada saat menggunakan SEO off page yang kuat, maka untuk pihak mesin pencarian Google tambah yakin kalau situs tersebut berhasil memberikan manfaat kepada orang lain. Alhasil, untuk tingkat kredibilitas dari situs dan potensi naik rankingnya juga bisa semakin meningkat.
3. Technical
Tujuan dari SEO Technical adalah untuk melakukan optimasi struktur website. Sehingga, untuk tingkat performanya bisa lebih maksimal dan diterima oleh pihak mesin pencarian Google. Technical SEO adalah usaha yang dapat dilakukan guna melakukan optimasi SEO pada bagian dalam website.
Baca juga : Cara Mudah Belajar SEO untuk Pemula
Pada saat menerapkan technical SEO, website atau wordpress Anda akan mempunyai struktur yang lebih bagus dan mudah dibaca oleh search engine. Alhasil, untuk peluang Google untuk melakukan indeks sitsu juga lebih besar.
Cara Kerja SEO dan SERP
Setelah membahas manfaat SEO dan jenisnya, maka tiba saatnya untuk Anda memahami cara kerja dari SEO dan SERP. Pastinya, untuk cara kerja dari SEO tidak boleh dilakukan dengan asal memilih website guna menduduki halaman teratas SERP atau search engine result page saja.
Ada beberapa teknik tertentu yang harus digunakan guna menyeleksi situs. Dengan mengetahui beberapa teknik tersebut, Anda bisa mengerti mengapa teknik SEO mempunyai banyak jenisnya dan mengapa sangat penting dalam proses melakukan optimasi pada bagian halaman depan.
1. Cara Kerja SEO
Mesin pencarian Google mempunyai tools yang bernama web crawler. Web crawler ini dapat membantu pihak mesin pencarian Google untuk mengumpulkan beberapa konten yang ada di internet. Setelah itu, untuk semua konten akan disimpan pada database atau lemari penyimpanan mesin pencarian. Untuk cara kerja dari SEO adalah:
- Crawling : proses guna mengumpulkan dan menyimpan semua halaman website yang baru rilis maupun yang barusan dilakukan update.
- Indexing : proses saat mesin pencarian google mempelajari beberapa struktur website, kualitas dan relevansi konten yang sedang dibutuhkan oleh audiens.
- Pulling result : mesin pencarian Google menyusun daftar halaman website terbaik guna memberikan posisi rangking yang tertinggi pada hasil pencarian SERP.
2. Cara Kerja SERP (Search Engine Result Page)
Saat ini, Anda sudah bisa melihat bagaimana mesin pencarian Google bisa membawa halaman website sampai dengan di hadapan langsung para audiens. Cara kerja SERP yang harus Anda ketahui adalah:
- Para audiens bisa memasukkan keyword tertentu pada dalam kolom mesin pencarian Google.
- Google melakukan analisis beberapa keyword supaya bisa memberikan hasil pencarian terbaik.
- Google mencari beberapa konten yang memuat beberapa keyword tertentu.
- Dengan algoritma Google bisa melakukan analisis konten dan website guna memastikan semua informasi bisa didapatkan secara relevan.
- Google melakukan pertimbangan karakteristik dari beberapa para audiens.
- Google SERP bisa menampilkan semua daftar konten yang terbaik bagi para audiens.
Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya. Diharapkan, dengan penjelasan diatas bisa menambah informasi bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang dunia SEO.