Apa tujuan utama artikel ini? Untuk melakukan audit on page SEO komprehensif pada halaman web mana pun dalam situs mana pun yang dengan jelas mendefinisikan apa yang berhasil, apa yang tidak, dan langkah-langkah tindakan tentang apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
Apa hasil yang diharapkan? Pengguna akhir menerima audit komprehensif yang memungkinkan mereka mengetahui status halaman web tertentu, bersama dengan langkah-langkah tindakan spesifik tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Kenapa praktik ini penting? Untuk sepenuhnya mengoptimalkan halaman web untuk lebih banyak lalu lintas organik dari mesin pencari. Kapan saja anda perlu mengaudit halaman web untuk meningkatkan lalu lintas organik.
Pengaturan Awal
Dapatkan akses dan unduh alat yang anda perlukan untuk audit.
- Unduh atau dapatkan akses ke alat yang anda perlukan untuk melakukan audit
- Check My Links Chrome Extension – Gratis
- Redirect Path Chrome Extension – Gratis
- Google Tag Assistant Chrome Extension
- Ahrefs – Berbayar (bisa juga menggunakan SEMRush, Open Site Explorer, atau Majestic)
Persiapan Audit On Page SEO ini
Audit ini mengasumsikan bahwa Anda sudah mengetahui target kata kunci Anda dan halaman tersebut harus dioptimalkan.
Sebagai contoh dalam artikel on page seo ini, kata kunci utamanya adalah “buat kursus online”.
- Untuk semua pertanyaan di bawah ini, Anda perlu mencatat jawaban Anda di Lembar Kerja Audit SEO:
- Buat salinan spreadsheet dengan mengklik “Ekspor sebagai Google Doc”.
- Isi informasi ini di bagian atas spreadsheet
- Praktik ini mencakup sejumlah pertanyaan. Untuk setiap pertanyaan tersebut, ada baris yang cocok dengan pertanyaan yang sama di spreadsheet. Anda harus melalui setiap pertanyaan dan memilih item yang tepat dari kolom “Skor”.
- Jika jawaban pertanyaan “Ya”, maka pilih jawaban “Lulus” dari kolom “Nilai”.
- Jika jawaban pertanyaan “Tidak”, maka pilih jawaban “Perlu dikerjakan” dari kolom “Nilai”
- Jika karena alasan tertentu pertanyaan tidak berlaku untuk halaman yang diaudit, pilih jawaban “T/A” dari kolom “Skor”.
- Jika jawaban pertanyaan “Ya”, maka pilih jawaban “Lulus” dari kolom “Nilai”.
- Setiap pertanyaan dalam langkah ini mencakup penjelasan rinci tentang cara menguji dan menjawab.
- Audit akan selesai jika semua pertanyaan dalam spreadsheet telah terjawab.
Optimasi On Page SEO Tahap Awal
Pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan secara teliti terhadap URL suatu halaman website anda.
Penting: Jika URL yang diaudit adalah domain root (misal: ryanda.co.id), maka ini tidak berlaku. Anda dapat melewati pertanyaan ini dan menuliskan N/A di spreadsheet anda.
Cek Pastikan Kejelasan URL Halaman Anda
Sangat penting untuk memastikan url anda jelas dan mengandung kata kunci yang memiliki nilai pencarian. Ingat jangan asal menggunakan url ya. Panjang pendek memang tidak begitu pengaruh, tetapi menurut saya terlepas dari on page SEO benar atau tidak, bahwa URL pendek akan lebih mudah untuk diingat dan lebih friendly (pendapat saya pribadi).
- Apakah kata kunci utama ada di URL?
- Lihat URL dan periksa apakah kata kunci utama disertakan (ini tidak termasuk kata kunci dalam nama domain)
- Ini adalah contoh halaman yang menyertakan kata kunci utama di URL
https://ryanda.co.id/on-page-seo/
- Ini adalah contoh halaman yang tidak menyertakan kata kunci utama di URL
https://ryanda.co.id/dikasih-info-masseh/
Pada poin kedua terlihat URL nya tidak jelas, kata kunci yang ingin dibahas pun tidak jelas. Memang sebuah kata/istilah/penyebutan tetapi jika tidak memiliki nilai pencarian, sebaiknya tidak perlu digunakan sebagai slug pada URL halaman anda.
- Ini adalah contoh halaman yang menyertakan kata kunci utama di URL
- Lihat URL dan periksa apakah kata kunci utama disertakan (ini tidak termasuk kata kunci dalam nama domain)
- Apakah URL pendek dan ramah pengguna (dapat dibaca manusia)?
- Lihat URL dan periksa apakah pendek (di bawah 6-7 kata) dan mudah dibaca dan dipahami
- Ini adalah contoh URL yang singkat dan mudah digunakan. Aturan praktis yang baik untuk ini adalah bertanya pada diri sendiri “apakah saya dapat mengingat ini 5 menit dari sekarang?”
https://ryanda.co.id/on-page-seo/
- Ini adalah contoh URL yang panjang dan tidak ramah pengguna
https://ryanda.co.id/0n-p4g3-s30/
- Ini adalah contoh URL yang singkat dan mudah digunakan. Aturan praktis yang baik untuk ini adalah bertanya pada diri sendiri “apakah saya dapat mengingat ini 5 menit dari sekarang?”
- Lihat URL dan periksa apakah pendek (di bawah 6-7 kata) dan mudah dibaca dan dipahami
- Apakah URL menggunakan tanda hubung dan bukan garis bawah?
- Lihat URL dan periksa apakah itu menggunakan tanda hubung alih-alih garis bawah
- Ini adalah contoh URL yang menggunakan tanda hubung
https://ryanda.co.id/on-page-seo/
- Ini adalah contoh URL yang menggunakan garis bawah (ini buruk bagi on page SEO website)
https://ryanda.co.id/on_page_seo/
- Ini adalah contoh URL yang menggunakan tanda hubung
- Lihat URL dan periksa apakah itu menggunakan tanda hubung alih-alih garis bawah
Menggunakan Screaming Frog untuk Cek Judul dan Meta
Untuk menguji elemen di halaman, kita akan menggunakan alat SEO gratis di tempat yang disebut Screaming Frog.
Anda dapat mengunduhnya untuk Windows atau Mac di sini.
Screaming Frog adalah perayap situs web yang membantu Anda meningkatkan SEO di tempat, dengan mengekstraksi data & mengaudit untuk masalah on page SEO umum.
Catatan: Versi gratisnya memungkinkan Anda merayapi maksimum 500 halaman situs web Anda. Anda dapat meningkatkan ke lisensi berbayar jika Anda ingin menghapus batasnya.
Setelah Anda mengunduh alat. Buka dan tambahkan URL situs web Anda ke kolom pencarian.
- Apakah judul halaman dioptimalkan?
- Klik tab “Page Titles” dan cari kolom “Title 1”, ini adalah judul yang muncul di hasil pencarian Google.
- Periksa apakah judulnya kurang dari 70 karakter
- Periksa apakah kata kunci utama disertakan dalam judul
- Klik tab “Page Titles” dan cari kolom “Title 1”, ini adalah judul yang muncul di hasil pencarian Google.
- Apakah deskripsi meta dioptimalkan untuk menunjang on page SEO yang lebih baik?
- Klik pada tab “Deskripsi Meta”. “Deskripsi Meta” adalah deskripsi yang sesuai dengan judul halaman anda di hasil pencarian Google. Periksa panjang dan kata kunci
- Periksa apakah deskripsi meta di bawah 160 karakter
- Periksa apakah kata kunci utama disertakan dalam deskripsi meta
- Klik pada tab “Deskripsi Meta”. “Deskripsi Meta” adalah deskripsi yang sesuai dengan judul halaman anda di hasil pencarian Google. Periksa panjang dan kata kunci
- Apakah tag H1 dioptimalkan?
- Klik pada tab “H1”. Cari hasil kolom “H1-1” dan periksa jumlah tag dan kata kunci H1
- Periksa apakah hanya ada SATU tag H1 di halaman
Periksa apakah kata kunci utama termasuk dalam tag H1
- Periksa apakah hanya ada SATU tag H1 di halaman
- Klik pada tab “H1”. Cari hasil kolom “H1-1” dan periksa jumlah tag dan kata kunci H1
- Apakah gambar dioptimalkan?
- Pastikan semua gambar Anda memiliki teks alternatif sehingga Google (ini penting dari sisi on page SEO) dan mesin telusur lainnya dapat mengidentifikasi tentang gambar tersebut. Klik pada tab “Gambar” dan pilih dari filter “Uji Alt yang Hilang” dan Anda akan menemukan daftar gambar yang tidak memiliki teks alternatif.
- Periksa apakah semua gambar memiliki nama file yang deskriptif dan mudah digunakan. Aturan praktis yang baik adalah bertanya pada diri sendiri “dapatkah saya menebak gambar apa ini jika saya hanya membaca nama filenya?”
-
- Ini adalah contoh nama file yang mudah digunakan sesuai standar on page SEO.
- Ini adalah contoh nama file yang TIDAK RAMAH pengguna
- Ini adalah contoh nama file yang mudah digunakan sesuai standar on page SEO.
-
- Pastikan semua gambar Anda memiliki teks alternatif sehingga Google (ini penting dari sisi on page SEO) dan mesin telusur lainnya dapat mengidentifikasi tentang gambar tersebut. Klik pada tab “Gambar” dan pilih dari filter “Uji Alt yang Hilang” dan Anda akan menemukan daftar gambar yang tidak memiliki teks alternatif.
Melakukan Pemeriksaan Kata Kunci pada isi Artikel/Halaman
Hal ini juga penting dalam proses audit on page SEO website anda. Pastikan kata kunci tersusun rapih dan benar pada url gambar atau video yang anda upload ya.
- Apakah kata kunci utama disebutkan setidaknya 2-3 kali di halaman?
- Buka halaman di browser Anda dan tekan command+F di keyboard Anda jika Anda menggunakan Mac, atau control+F jika Anda menggunakan komputer Windows. Ini akan membuka kotak pencarian “temukan” browser.
- Ketik kata kunci utama dan periksa apakah itu disertakan setidaknya 2 atau 3 kali.
- Buka halaman di browser Anda dan tekan command+F di keyboard Anda jika Anda menggunakan Mac, atau control+F jika Anda menggunakan komputer Windows. Ini akan membuka kotak pencarian “temukan” browser.
- Apakah halaman tidak terlalu dioptimalkan?
- Ikuti proses yang sama yang dijelaskan pada langkah sebelumnya. Kata kunci utama tidak boleh dimasukkan lebih dari 8-9 kali agar on page SEO anda tidak terkesan over optimized.
- Apakah halaman tersebut menyertakan kata kunci Latent Semantic Index?
- Buka LSIGraph dan masukkan kata kunci utama
- Cari 2-3 kata kunci yang paling relevan dengan topik halaman
- Gunakan kotak pencarian “temukan” di browser Anda untuk memeriksa apakah halaman tersebut menyertakan kata kunci tersebut
- Buka LSIGraph dan masukkan kata kunci utama
Cek Link di Halaman
- Apakah halaman bebas dari tautan rusak?
- Gunakan ekstensi Chrome Check my links untuk memeriksa tautan yang rusak. Untuk melakukan itu, klik pada ekstensi dan tunggu antrian mencapai nol.
- Jika indikator “Invalid link” menunjukkan nilai nol, maka tidak ada link yang rusak di halaman tersebut.
- Jika ada tautan yang rusak di halaman, indikator “Invalid link” akan menunjukkan jumlah tautan yang rusak.
- Gunakan ekstensi Chrome Check my links untuk memeriksa tautan yang rusak. Untuk melakukan itu, klik pada ekstensi dan tunggu antrian mencapai nol.
Optimasi On Page SEO Tahap Selanjutnya
Jika anda ingin melakukan tahapan selanjutnya dari audit on page yang sudah dijabarkan di atas. Anda bisa mulai memperhatikan dari sisi Google, dalam hal ini adalah indeks suatu link di Google.
Ada 7 pertanyaan yang bisa anda jadikan acuan, diantaranya:
- Apakah URL sudah terindeks di Google?
- Apakah halaman anda memudahkan bot Google untuk melakukan crawl konten?
- Apa web anda sudah memiliki kecepatan yang cepat?
- Apakah web anda sudah mobile friendly dan responsif?
- Bagaimana jika URL anda ditandai sebagai hasil atau pernah dijadikan redirect?
- Apa Google Analytics sudah melakukan tracking dengan benar di semua halaman?
- Jika memiliki halaman khusus iklan, apakah sudah user friendly?
Apakah URL sudah Terindeks di Google?
Pertama pastikan dulu bahwa url anda sudah terindeks dengan baik, caranya bagaimana? anda bisa lihat cara di gambar di bawah ini. Jika sudah, dan hasilnya tidak terindeks. Mungkin ada sisi on page SEO anda yang masih kurang.
- Buka Google.com
- Ketik ‘situs:’ diikuti dengan URL halaman di kotak pencarian
- Tekan “enter” dan periksa hasil pencarian.
- Jika halaman diindeks, itu akan muncul di hasil
- Jika halaman TIDAK diindeks, itu tidak akan muncul di hasil pencarian
- Jika halaman diindeks, itu akan muncul di hasil
Bagaimana Cara Memastikan Konten dapat Terindeks Google?
Ingin membuat konten artikel di website anda? Namun apakah anda sudah audit on page SEO khusus nya memastikan apakah konten anda dapat terindeks dengan baik atau tidak? anda bisa melakukan cara di bawah ini.
- Buka Browseo dan masukkan URL halaman
- Di bawah “Text Information”, periksa apakah setidaknya ada 100 kata di halaman
- Pastikan semua konten yang dapat anda lihat di halaman juga terlihat oleh mesin telusur (yaitu semua yang ada di halaman juga muncul di hasil Browseo). Tidak masalah jika tidak terlihat sama atau tidak,atau tidak dalam urutan yang sama, Browseo tidak memuat page styles.
Melakukan Audit Kecepatan Website
Sangat penting melakukan audit kecepatan website anda. Performa kecepatan website diperlukan juga sebagai penimbang Google dalam memutuskan siapa pemilik ranking yang sah. On page SEO tidak lengkap jika kecepatan website anda lambat.
- Buka alat Google’s PageSpeed Insights dan masukkan URL halaman
- Periksa apakah skor halaman 70 atau lebih untuk perangkat seluler. Perlu diingat bahwa skor yang baik adalah berwarna “Hijau“, dan perlu mendapatkan perhatian jika “Orange“. Namun apabila “Merah” harus cepat diubah dan diperbaiki.
Cara Cek Halaman Mobile Friendly/Responsive
Cara selanjutnya untuk melakukan audit on page SEO website adalah dengan anda memahami apakah halaman website anda sudah mobile-friendly, karena ini sangat penting. Jaman sekarang, pada umumnya lebih dari 95% pengunjung Google adalah yang berasal dari mobile.
- Buka Google’s Mobile-Friendly Test and input the page URL
- Masukan URL anda ke dalam kolom Google’s Mobile-Friendly Test
Cara Cek “Redirect issues” Website
- Ketik URL halaman yang tepat di Chrome dan muat
- Klik pada Ekstensi Chrome “Redirect Path”
- Periksa apakah halaman dimuat tanpa redirect 302 atau redirect chains
- Ini adalah contoh redirect 302 (tidak optimal)
Sekian artikel mengenai audit on page SEO lengkap tahap awal bagi pemula. Bagi anda yang ingin lebih menguasai SEO on page. Silahkan berkunjung terus ke website ryanda.co.id karena kami akan membuat lebih banyak dan lebih dalam lagi (lebih daging) untuk belajar SEO. Terimakasih