SEO atau yang sering disebut dengan Search Engine Optimization merupakan alat optimasi website guna mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Supaya mendapatkan performa SEO secara optimal, anda membutuhkan bantuan dari SEO Tools.
Tools SEO kini dapat memudahkan anda untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan SEO. Adanya alat SEO ini bisa melihat performa traffic, mengukur kualitas dari backlink, memantau link building dan masih banyak lainnya.
Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai software SEO dan aplikasi SEO yang baik untuk digunakan. Semua SEO Tools tersebut bisa membantu anda dalam proses belajar SEO dan juga proses optimasi website. Untuk lebih jelasnya bisa simak penjelasan di bawah ini.
10+ SEO Tools Terbaik Tahun 2022
Tool SEO diibaratkan seperti kalkulator, karena dapat membantu anda untuk melakukan perhitungan strategi SEO yang sedang dijalankan. Nah, dengan adanya strategi SEO ini bisa berupa bentuk optimasi kualitas konten (On Page) atau optimasi link building (Off Page).
Maka dari itu, untuk software SEO dan aplikasi SEO mempunyai beberapa kriteria yang harus diketahui oleh para penggunanya. Untuk beberapa kriteria dari alat SEO tersebut adalah:
- Software SEO dapat membantu dalam proses support SEO On Page dan Off Page.
- Aplikasi SEO memberikan tampilan dan navigasi yang user friendly.
- Alat SEO digunakan untuk menganalisis dan data yang diberikan sangat lengkap.
- Software SEO bisa digunakan tanpa biaya atau gratis.
- Aplikasi SEO bisa memberikan masa trial untuk beberapa fitur premium.
Sebagai berikut beberapa alat SEO yang bisa digunakan oleh kalangan masyarakat:
1. Google Keyword Planner
Tools SEO yang satu ini besutan dari pihak Google dan sangat dikenal oleh banyak kalangan masyarakat, karena cukup efektif dan sangat membantu dalam optimasi SEO secara On Page. Artinya dengan adanya SEO tools satu ini bisa meningkatkan kualitas konten yang dibuat.
Dengan adanya software SEO Google Keyword Planner ini anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:
- Dipergunakan untuk menentukan beberapa kata kunci yang baru.
- Dipergunakan untuk melakukan riset keyword yang akan digunakan pada sebuah website.
Kedua hal tersebut bisa dilakukan atau diterapkan pada aplikasi SEO satu ini dengan memilih fitur menu Discover New Keyword dan Get Search Volume anda Forecast. Selain itu, dengan adanya kedua fitur menu yang ada di alat SEO ini bisa memasukkan beberapa kata kunci atau domain tertentu. Sehingga, ada beberapa informasi yang bisa dilihat seperti:
- Memberikan kata kunci yang relevan dengan isi website.
- Memberikan rata-rata volume kata kunci yang sedang ada di mesin pencarian.
- Memberikan hasil tingkat kompetisi untuk masing-masing kata kunci.
SEO Tools Google Keyword Planner ini berada di bawah naungan atau layanan dari Google Ads, Jadi dengan adanya alat yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset keyword untuk kebutuhan ads atau iklan.
Pada SEO Tools satu ini sangat cocok dipergunakan oleh anda yang ingin melakukan riset kata kunci secara efektif. Selain itu, untuk alat yang satu ini juga sangat digunakan oleh anda yang ingin menggunakan layanan iklan.
2. Google Trends
Seo Tools yang kedua adalah Google Trends. Google Trends ini bisa dijadikan salah satu alat bantuan ketika sedang mempraktekkan SEO On Page Ada beberapa platform gratis juga milik Google yang bisa anda dapatkan, seperti:
- Sebagai alat untuk mencari kata kunci yang sedang populer.
- Dapat dijadikan alat penambah referensi kata kunci yang baru.
- Sebagai alat pembeda secara historis performa kata kunci.
- Dapat mengetahui lokasi secara potensial untuk beberapa kata kunci tertentu.
Kini Google Trend juga tidak hanya memberikan hasil dari pencarian website saja. Akan tetapi, untuk SEO Tools yang satu ini juga bisa memberikan hasil seperti Google Image, Google News, Google Shopping dan Youtube.
Semua informasi yang ada di alat satu ini, anda bisa mengatur lagi strategi mana yang cocok untuk membuat konten sesuai dengan tren kebutuhan dari para pengguna. Paling terpentingnya lagi dengan adanya alat ini bisa digunakan untuk membuat konten yang baik sesuai dengan tren sedang hangat.
3. Google PageSpeed Insight
SEO Tools ketiga adalah Google PageSpeed Insight. Berdasarkan riset dari pihak Google memberikan data, sebanyak 53% pengguna internet di Indonesia meninggalkan website yang loading lebih dari tiga detik.
Ketika dibiarkan, akan memberikan pengaruh pada nilai bounce rate pada website anda akan meningkat. Kecepatan pada sebuah website ini sangat-sangat penting sekali.
Selain itu, dengan menggunakan SEO Tools seperti Google Pagespeed Insight ini bisa membantu anda dalam menjaga sebuah performa SEO. Selain itu, dengan adanya alat ini bisa memberikan hasil analisis yang mempunyai kaitan dengan kecepatan website baik di tampilan desktop maupun mobile.
Ada juga beberapa penilaian yang diberikan oleh Google Pagespeed Insight, seperti:
- First Contenful Paint – Jumlah berapa lama teks atau gambar yang sedang muncul di halaman browser.
- Time to Interactive – Jumlah durasi halaman ketika sedang dipergunakan.
- Speed Index – Jumlah seberapa cepat halaman bisa terlihat secara lengkap.
- Total Blocking Time – Jangka waktu yang diberikan antara FCP hingga sampai dengan waktu interaktif.
- Largest Contentful Paint – Jumlah waktu ketika konten terbesar seperti teks atau gambar yang muncul di halaman browser.
- Cumulative Layout Shift – Alat pendeteksi gerakan elemen yang bisa terlihat oleh sebuah situs.
Google Pagespeed Insight ini masih tetap akan memberikan saran perbaikan supaya kecepatan website tetap lebih optimal lagi. Meski SEO Tools yang satu ini sudah sangat mumpuni ketika dipergunakan untuk mengecek kecepatan website.
Akan tetapi, masih ada lagi beberapa alat alternatif lainnya yang anda bisa gunakan. Pada Google Pagespeed Insight ini sangat cocok dipergunakan bagi anda yang ingin memastikan website SEO Friendly dari sisi kecepatannya.
4. Yoast SEO
Yoast SEO merupakan salah satu SEO Tools yang saat ini sedang populer bagi pengguna website WordPress. Selain itu, Yoast SEO ini sangat berbeda dengan beberapa alat lainnya.
untuk bisa menggunakan SEO Tools kali ini harus diakses dengan menggunakan website atau web app. Selain itu, untuk para pengguna website bisa memasang Yoast SEO secara otomatis.
Maka dari itu, website WordPress yang sudah dipasang Yoast SEO ini bisa melakukan analisis konten sudah menerapkan SEO dengan benar atau belum. Pada saat menggunakan Yoast SEO akan diberikan beberapa fitur yang menarik seperti, Focus Keyword, Meta Deskripsi, Meta Title, Reliability, Slug dan masih banyak lainnya.
Dengan adanya beberapa fitur di SEO Tools kali ini sangat cocok dipergunakan untuk anda yang ingin memastikan konten tersebut sudah sesuai dengan kaidah SEO secara real time. Selain itu, Yoast SEo juga bisa membantu anda dalam segi technical.
Contoh dari sisi technical ini adalah dengan memberikan rekomendasi internal link pada sebuah artikel tersebut. Selain itu, juga bisa memberikan notifikasi error page, canonical link otomatis dan how to schema supaya konten yang diberikan lebih terstruktur.
Sedangkan untuk masalah konfigurasi dari SEO Tools kali ini sangat mudah sekali penggunaannya. Yoast SEO sangat cocok dipergunakan untuk anda yang membutuhkan bantuan dalam optimasi SEO On Page dan teknikal.
5. Google Search Console
Google Search Console merupakan SEO Tools yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, untuk alat yang satu ini bisa dipergunakan untuk menganalisis performa website di ranah organik.
SEO Tools keluaran dari pihak Google ini tidak perlu lagi diragukan untuk keakuratan data yang diberikan. Ada satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena untuk hasil riset yang ditampilkan oleh Google Search Console ini sudah berdasarkan dengan database Google.
Ada beberapa kemampuan yang diberikan oleh Google Search Console. Untuk beberapa kemampuan tersebut adalah:
- Dapat mengetahui referring domain.
- Sebagai alat untuk memeriksa kinerja dari sebuah website pada perangkat mobile.
- Dipergunakan untuk menganalisis traffic website.
- Sebagai alat untuk memunculkan ide kata kunci yang baru.
- Alat identifikasi pada beberapa halaman yang sedang populer di website.
- Dapat memeriksa kompatibilitas sebuah website anda di perangkat mobile.
- Alat untuk melihat backlink yang ada di website.
- Dapat memeriksa broken link.
- Sebagai alat untuk mengidentifikasi masalah dari keamanan sebuah website.
- Alat untuk mengatur sitemap pada sebuah website.
Pada saat anda melakukan pengecekan dengan menggunakan Google Search Console, akan diberikan beberapa informasi seperti statistik perkembangan total klik, impression, rata-rata CTR sampai dengan rata-rata posisi website. Semua data yang ditampilkan oleh Google Search Console ini sudah sangat lengkap dan akurat.
Akan tetapi, untuk membaca semua data tersebut menjadi tantangan tersendiri. Apalagi untuk para pemula harus benar-benar memahami beberapa istilah kata teknis.
Google Search Console ini sangat cocok dipergunakan untuk anda yang ingin melakukan optimasi SEO On Page dan Off Page. Pada kedua fitur tersebut bisa dipergunakan secara tidak berbayar atau gratis.
Jika anda mau mempelajari cara menggunakan Google Search Console silahkan klik di sini untuk baca artikel panduan lengkapnya.
6. Google Analytics
Berdasarkan penelitian sebagian besar untuk pencarian online dilakukan dengan menggunakan alat pencarian Google. Maka dari itu, untuk mendapatkan ranking pertama di Google ini sangat penting.
Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan SEO Tools seperti Google Analytics untuk mempermudah proses tersebut. Kini Google Analytics mempunyai kemampuan dalam memantau perkembangan performa sebuah website.
Bahkan sampai dengan saat ini jumlah pengguna atau user dari Google Analytics sudah mencapai 28,8 juta. Sedangkan untuk beberapa data yang diberikan oleh SEO Tools Google Analytics adalah:
- Realtime – Hasil analisis data pada sebuah website yang selalu mengalami update.
- Demografi Pengunjung – Informasi yang diberikan mengenai jumlah aktif user, jumlah tayangan, total pengguna baru, bounce rate dan masih banyak lainnya.
- Perilaku Para Pengunjung – Informasi secara detail mengenai frekuensi kunjungan, engagement ( durasi sesi dan jumlah halaman yang dibuka dalam satu sesi ), kemungkinan konversi dan masih banyak lainnya.
- Jumlah Trafik – Informasi seputar tren trafik, referral link pada website dan jumlah sumber trafik secara umum.
- Sumber Trafik – Informasi data traffic yang bersumber dari data organik, direct, referral dan media sosial.
- Kecepatan Website – Urutan halaman dari paling populer berdasarkan dengan waktu loading. Selain itu, juga dilengkapi dengan saran untuk mempercepat loading halaman.
Dengan semua data yang sudah disebutkan diatas, anda bisa mengetahui mana strategi cocok dipergunakan untuk mengalahkan kompetitor. Untuk masalah penggunaan pun juga sangat mudah.
Google Analytic ini sangat cocok dan wajib dipergunakan oleh anda yang ingin memantau pola aktivitas dari para pengunjung. Selain itu, dengan menggunakan Google Analytic ini bisa mengerti mana pengunjung yang paling lama berkunjung pada halaman website.
7. Ubersuggest
Ubersuggest adalah SEO Tools keluaran dari Neil Patel.com. Ubersuggest merupakan salah satu SEO Tools serbaguna yang bisa membantu dalam proses optimasi On Page dan Off Page.
Selain itu, Ubersuggest ini juga mempunyai tiga fitur utama. Untuk ketiga dari fitur tersebut adalah:
- Keyword Analyzer – Membantu dalam proses analisis kekuatan pada sebuah kata kunci, memberikan beberapa kata kunci yang relevan dan menampilkan laporan performa dari sebuah kata kunci.
- Competitive Analysis – Bisa membandingkan antara data SEO dengan beberapa kompetitor lainnya.
- SEO Explorer – Dapat melakukan analisis SEO On Page, memberikan informasi beberapa backlink dan dapat merangkum semua informasi yang berhubungan dengan SEO.
Sebagai SEO Tools, Ubersuggest juga mempunyai beberapa keunggulan yang harus anda ketahui. Untuk beberapa keunggulan tersebut adalah:
- Ada fitur riset keyword yang memberikan hasil secara detail seperti, ide keyword, ide konten dan list keyword.
- Mempunyai laporan data kata kunci secara umum, seperti historis volume, pencarian, tingkat kesulitan SEO, CPC dan paid difficulty.
- Sebagai alat untuk melihat tingkat persaingan dengan fitur khusus Similar Website.
- Dapat memberikan rincian traffic, berdasarkan kata kunci maupun halaman yang sedang populer.
- Memberikan informasi secara lengkap seputar pencarian website di ranah organik, seperti skor SEO website secara keseluruhan traffic perbulan.
- Sebagai alat untuk melakukan identifikasi dari sebuah kekurangan website. Contoh hasil identifikasi yang diberikan mulai dari error, kecepatan website dan saran untuk memperbaikinya.
- Memberikan laporan secara detail mengenai backlink yang langsung mengarah pada website.
- Dapat melakukan analisa kesempatan untuk backlink yang bisa didapatkan. Selain itu, juga bisa bisa melakukan perbandingan dengan domain para kompetitor.
SEO Tools Ubersuggest memberikan masa percobaan kurang lebih tujuh hari. Sedangkan untuk anda yang cocok dan ingin melanjutkan menggunakan Ubersuggest bisa dengan memulai bayar USD 12-40.
Ubersuggest ini tidak hanya dipergunakan untuk menganalisa SEO saja. Akan tetapi, Ubersuggest ini juga sangat cukup efektif untuk mendukung strategi iklan dengan informasi lengkap seputar ads, paid search dan analisis pada para kompetitor.
8. SEMrush
SEMrush juga dikenal sebagai salah satu SEO Tools yang memberikan hasil terbaik. Selain itu, untuk alat yang satu ini mampu menjawab semua kebutuhan lebih seperti online marketing.
Dengan adanya SEMrush ini anda bisa meningkatkan upaya untuk SEO On Page dan Off Page. Untuk beberapa fitur yang bisa digunakan pada SEMrush adalah:
- Competitive Research – Meringkas performa dari sebuah desain, analisis traffic, pencarian organik, melakukan perbandingan keyword dan backlink dengan para kompetitor.
- Keyword Research – Alat untuk melacak posisi dari SERP, dapat merangkai kata kunci yang relevan, memberikan saran traffic organik pada sebuah situs dan masih banyak lainnya.
- Link Building – Alat yang dipergunakan untuk menganalisis, audit serta membangun sebuah backlink.
- On Page dan Technical SEO – Proses audit situs dan melakukan pengecekan performa pada SEO On Page.
- Rank Tracking – Hasil yang diberikan mengenai peringkat teratas pada sebuah SERP.
Semua data yang diberikan oleh SEMrush ini sangat lengkap dan bisa ditampilkan dengan tabel supaya lebih ringkas. Selain itu, dengan penyajian informasi dengan cara tersebut bisa memberikan hasil yang singkat dan padat.
Selain itu, untuk navigasi SEO Tool yang satu ini sangat intuitif dan terstruktur. Sehingga, dengan cara tersebut dapat dipergunakan oleh para pengguna pemula sampai dengan tingkat lanjut.
Ada versi gratis yang diberikan oleh SEMrush untuk mendapatkan informasi utama. Namun, ada juga beberapa informasi yang lebih spesifik yang masih saling terkunci.
Sedangkan untuk anda yang ingin membutuhkan fitur lengkapnya, anda bisa melakukan percobaan atau free trial selama 30 hari terlebih dahulu. Ketika SEMrush bisa membantu dalam proses SEO lebih optimal, bisa langsung saja berlangganan secara berbayar.
Untuk versi premium dari alat yang satu ini berada di harga USD 119,95 – USD 449 pada setiap bulan. Bahkan, untuk SEO Tools yang satu ini juga sangat cocok dipergunakan untuk melakukan optimasi SEO baik di ranah On Page atau Off Page.
9. Ahrefs
SEO Tools serbaguna yang bisa anda coba juga adalah Ahrefs. Secara keseluruhan untuk alat yang satu ini dibangun pertama kali pada tahun 2011. Ada juga lima fitur yang ada di Ahrefs. Untuk kelima fitur tersebut adalah:
- Site Audit – Melakukan optimasi pada performa SEO On Page.
- Site Explorer – Dapat melakukan analisa pada website kompetitor, menampilkan jumlah data traffic secara organik dan profil pada backlink.
- Keyword Explorer – Memberikan hasil ribuan kata kunci secara lengkap, dapat melakukan analisis tingkat kesulitan, melakukan analisis potensi volume pencarian dan masih banyak lainnya.
- Content Explorer – Alat untuk menentukan konten mana yang sedang populer dan melakukan analisis kinerja konten.
- Rank Tracker – Alat untuk memantau peringkat pada mesin pencarian pada setiap waktu. Selain itu, juga digunakan untuk memberikan grafik persaingan pada kompetitor.
Disamping itu, Ahrefs juga menyediakan data yang lengkap dan fiturnya sangat unggul. Kini Ahrefs juga sangat nyaman dipergunakan, karena semua usernya interface dan intuitif.
Pada alat yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan How To Use atau disebut dengan panduan lengkap. Sehingga, untuk para pemula atau orang profesional sudah bisa menggunakan alat yang satu ini.
Ada juga beberapa fitur Ahrefs yang masih bisa dibuka ketika berada di masa trial atau gratis. Akan tetapi, memang hanya beberapa fitur saja yang bisa dibuka pada masa trial tersebut.
Sedangkan untuk anda yang ingin mempunyai fitur atau akses yang lengkap bisa membayar USD 7 selama tujuh hari. Sedangkan untuk beralih pada akun premium, Ahrefs ini mempunyai harga yang relatif lebih mahal dibandingkan beberapa alat lainnya.
Untuk biaya yang harus dikeluarkan supaya akun menjadi premium adalah 99-999 USD. Dengan mengeluarkan biaya tidak sedikit ini akan sebanding dengan kualitas yang diberikan.
Hal yang bisa didapatkan ketika menggunakan alat yang satu ini adalah memberikan data secara akurat, mempunyai navigasi user friendly dan memberikan hasil riset yang berdasarkan dengan audit situs. Ahrefs kini sangat cocok dipergunakan untuk anda yang ingin melakukan audit website dan analisis para kompetitor untuk mendapatkan kata kunci baru.
10. Moz
SEO Tools selanjutnya adalah Moz. Pada alat yang satu ini mempunyai fitur optimasi secara lengkap dan sudah dipercaya pada beberapa brand yang besar di dunia.
Beberapa brand besar yang menggunakan alat satu ini adalah Trivago dan 99 Designs. Moz memang mempunyai dua fitur yang bisa dipergunakan secara gratis. Untuk kedua fitur tersebut adalah Keyword Explorer dan Link Explorer.
Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diingat. Satu hal tersebut adalah di saat ingin mengakses kedua fitur harus mempunyai akun terlebih dahulu. Sedangkan untuk proses pendaftarannya pun juga sangat mudah.
Sedangkan untuk anda yang ingin fokus dengan optimasi SEO On Page, bisa dengan bantuan Keyword Explored. Pada alat tersebut juga mempunyai fitur kurang lebih enam pilihan yaitu:
- Top Pages.
- Top Anchor Text.
- Ranking Keyword.
- Saran Keyword yang relevan.
- Spam Score.
Sedangkan untuk anda yang ingin melakukan optimasi OFF Page, anda juga bisa memanfaatkan link explorer yang memberikan beberapa informasi. Beberapa informasi yang diberikan adalah:
- Domain authority.
- Linking domain.
- Inbound link.
- Backlink dofollow dan nofollow..
- Analisis SERP.
- Komparasi link profile.
Moz mempunyai fitur unggulan dengan resource mencapai dengan total tujuh triliun link dan rutin untuk melakukan index secara live. Selain itu, untuk sumber data yang diberikan juga sangat masif.
Pada alat yang satu ini bisa menampilkan analisis yang detail. Disamping itu, ada beberapa fitur yang hanya dikhususkan bagi para pengguna versi secara berbayar. Misalnya, On Page Optimization yang dapat memberikan saran untuk melakukan optimasi halaman atau rank tracking.
Selain itu, dengan fitur tersebut juga bisa dipergunakan untuk mengukur SEO dari para kompetitor. Untuk anda yang ingin mencoba pengalaman menggunakan Moz caesar ro akan diberikan masa trial sampai dengan tiga puluh hari secara gratis.
Selanjutnya untuk anda yang ingin melakukan berlangganan bisa membayar mulai dari 99-599 USD setiap bulannya. Pada alat yang satu ini juga sangat cocok dipergunakan oleh anda yang ingin melakukan optimasi SEO secara lengkap dan ingin memberikan tampilan secara intuitif.
11. SEOquake
Ketika semua SEO Tools sebelumnya hanya berupa website dan mengharuskan para penggunanya untuk login dan berbayar. Akan tetapi, ketika anda menggunakan SEOquake hanya membutuhkan proses install extension pada browser atau mesin pencarian saja.
Bagi anda yang ingin melakukan pencarian pada mesin Google, pihak SEOquake ini bisa berjalan secara otomatis dan memberikan parameter SEO. Lebih uniknya lagi, untuk masalah informasi yang diberikan oleh SEOquake ini ada beberapa versi.
Salah satunya di dalam website tersebut akan diberikan tampilan pop up dashboard dan overlay pada beberapa halaman pencarian Google. SEOquake ini memang tidak mempunyai database secara sendiri.
Melainkan untuk proses merangkum data yang berhubungan dengan SEO On Page dan SEO Off Page bisa dilakukan pada alat SEOquake yang satu ini. SEOquake akan memberikan tampilan data yang berupa kumpulan peringkat URL pada Google Index, bing index, alexa index, SEMrush index dan masih banyak lainnya.
Selain itu, anda juga bisa melihat performa SEO secara singkat tanpa harus melakukan login terlebih dahulu. Menariknya lagi, pada dashboard SEO kali ini juga sudah langsung terhubung dengan halaman analisis.
Untuk cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan klik pada salah satu tab di dashboard extension. Setelah itu, anda akan langsung dibawa pada halaman SEOquake dan diberikan beberapa fitur memukau.
Beberapa fitur memukau dari SEO Tools kali ini adalah internal link, external links, keyword density dan membandingkan situs dengan para kompetitor. Semua fitur yang ada di SEOquake ini bisa dipergunakan secara gratis dan sangat worth it untuk anda ingin melakukan optimasi SEO secara singkat.
Selain itu, SEOquake ini juga langsung terhubung dengan browser. Sehingga membuat para pengguna lebih mudah melihat performa pada setiap website dengan potensi kata kunci.
Kelebihan Kekurangan Biaya SEO Tools Pilihan
Jadi, mana alat untuk analisis SEO pilihan anda? Sedangkan untuk anda yang masih ragu, mari mulai review secara singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing alat tersebut.
Alat |
Kelebihan | Kekurangan |
Harga |
Google Keyword Planner |
1. Fokus ketika melakukan riset kata kunci.
2. Memberikan dukungan ketika melakukan riset kata kunci untuk kebutuhan iklan. 3. Mempunyai cara penggunaan yang sangat mudah. 4. Mempunyai fitur yang sederhana, |
1. Lebih cocok dipergunakan untuk anda yang ingin melakukan riset kata kunci bisnis atau SEM. | Gratis |
Google Trends |
1. Tidak perlu membuat akun atau login terlebih dahulu.
2, Dapat melakukan perbandingan pada beberapa kata kunci sekaligus. 3. Memberikan tampilan secara bersih dengan statistik peringkat. 4. Mempunyai data kata kunci secara Google Search, Google Image, Google News, Google Shopping dan Youtube. |
1. Mempunyai fokus pada saat melakukan riset kata kunci supaya On Page dan Off Page.
2. Tidak mempunyai fitur secara lengkap. |
Gratis |
Google Pagespeed Insight |
1. Sebagai alat spesialis dalam melakukan pemeriksaan kecepatan sebuah website.
2. Dapat memberikan laporan loading website secara ringkas. 3. Dapat melakukan identifikasi masalah dan saran yang harus dilakukan oleh pengguna. 4. Tidak perlu melakukan login terlebih dahulu. Selain itu, juga bisa mengukur kecepatan website dalam versi mobile dan desktop. |
1. Perlu melakukan input nama domain secara manual. Artinya tidak bisa langsung mendapatkan analisis pada website secara otomatis. | Gratis |
Yoast SEO |
1. Plugin bisa langsung dipasang pada WordPress.
2. Dapat melakukan analisis kesesuaian kata kunci dengan konten secara otomatis. 3. Mempunyai fokus pada optimasi SEO On Page. 4. Dapat melakukan identifikasi masalah pada analisis SEO dengan tingkat keterbacaan. |
1. Schema yang diberikan tidak terlalu banyak. | 1. Versi gratis hanya tersedia secara terbatas.
2. Versi Pro hanya membayar 89 USD setiap satu situs. |
Ubersuggest |
1. Mempunyai beberapa fitur yang bisa mendukung SEO On page dan Off Page.
2. Dapat membandingkan dengan domain para kompetitor. |
1. Versi gratis hanya tersedia secara terbatas.
2. Versi trial kurang lebih 7 hari. 3. Versi Pro 12-40 USD. |
|
SEMrush |
1. Mempunyai fitur yang mendukung untuk SEO On Page dan Off Page.
2. Memberikan data performa SEO secara lengkap. 3. Mempunyai navigasi secara struktur dan intuitif. Selain itu, juga cocok untuk SEO dan SEM |
1. Untuk versi premium dinilai mempunyai harga yang mahal. | 1. Terdapat versi gratis.
2. Versi pro berada di harga 199.95-449 USD |
Ahrefs |
1. Memberikan beragama fitur yang bisa mengcover SEO On Page dan Off Page.
2. Memberikan tampilan tools yang intuitif. 3. Terdapat beberapa panduan secara singkat disetiap fitur. 4. Sangat cocok dipergunakan untuk para pemula dan profesional. |
1. Untuk beberapa fitur yang terbuka di versi gratis sangat terbatas. | 1. Versi gratis mempunyai fitur terbatas.
2. Versi free trial berada di harga 7 USD per 7 hari. 3. Versi Pro 99-999 USD. |
Moz |
1. Mempunyai fitur yang lengkap meliputi SEO On Page dan Off Page.
2. Selalu melakukan update index link. 3. Data dikemas dalam bentuk statistik yang mudah dibaca. 4. Mempunyai free trial selama tiga puluh hari. |
1. Hanya membuka dua fitur versi gratis.
2. Memberikan tampilan yang kurang menarik di beberapa tools lainnya. |
1. Versi gratis mempunyai fitur yang terbatas.
2. Versi free trial bisa digunakan selama 30 hari. 3. Versi Pro 99-599 USD. |
SEOquake |
1. Mempunyai extension yang dapat dipasang pada browser.
2. Semua penyajian data dalam bentuk tampilan bar, dashboard dan overlay. 3. Mempunyai sistem otomatis yang menampilkan data ketika sedang membuka website. 4. Tidak perlu lagi membuat akun ketika ingin masuk pada alat tersebut. |
1. Ringkasan data yang diberikan bisa berasal dar tools lainnya. | Gratis. |
Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai SEO Tools. Diharapkan setelah adanya pembahasan diatas tidak ada lagi kalangan masyarakat yang bingung ketika ingin mendapatkan SEO secara optimal.